USD/IDR


.Perkenalan

Halo teman - teman, perkenalkan nama saya Erixon Sihite. Sehari - hari saya bekerja sebagai relationship manager disebuah bank terkemuka di Indonesia. Puji Tuhan, sudah kurang lebih nyaris 4 tahun saya berkecimpung di industri ini. Jam terbang yang menurut saya masih sangatlah terlalu singkat dan dangkal untuk menulis ataupun berkomentar macam - macam mengenai seluk beluk industri yang berbasiskan kapitalisasi ini.

Lalu apa yang menjadi alasan saya untuk memulai menulis blog di tumblr ini tanpa takut di cela ataupun dicerca oleh banyak orang maupun banker - banker yang tentunya sudah jauh lebih berpengalaman daripada saya?
Alasannya satu, yaitu; saya ingin berbagi informasi mengenai perbankan pada teman - teman, dengan harapan informasi ini dapat menjadi salah satu acuan/pertimbangan yang membantu teman - teman dalam kenyamanan bertransaksi bersama pihak perbankan nantinya.

____________________________________________


.Prakata
Biasanya teman - teman kalau ketemu orang bank apa sih yang ada dipikiran teman - teman?
Saya berani bertaruh, 75 % orang akan bilang; "Wah kerja di bank itu keren, gajinya besar, penuh orang - orang pintar, dsb.." Kalimat itu seringkali terdengar dari orang awam, atau para debitur yang mendapat fasilitas kredit, ataupun juga dari para investor kelas teri yang mendapatkan profit yang cukup menggiurkan dari hasil performance produk investasinya.

Pada kenyataanya? Bekerja di bank itu sama halnya dengan bekerja di industri lainnya. Penuh tantangan dan policy - policy yang mungkin akan membuat teman - teman kebingungan saat pertama kali berkecimpung di dalamnya. Belum lagi gajinya yang ternyata tidak sebesar teman - teman kira (okelah untuk yang ini saya bukan curhat loh..tapi kenyataan... heheh).


Mungkin perspektif yang berkembang ini di trigger dari image yang dibentuk oleh sebuah financial institution yang selalu ingin tampil profesional, formal dan terdidik di hadapan publik. Padahal pada kenyataanya? Banyak juga terdapat pekerja perbankan yang tidak becus bahkan cenderung menipu customernya. Seperti kasus MD yang terjadi belakangan ini, atau banker yang menyelewengkan kepercayaan customernya dengan memasukkan dana si customer ke produk yang bersifat merugikan dengan berbagai macam alasan seperti target, revenue, dsb dsb...

Jadi... yang perlu teman - teman camkan, bagaimanapun perspektif yang dibangun oleh teman - teman terhadap sebuah bank, teman - teman haruslah memiliki prinsip nyata bahwa ini semua kembali ke "bisnis". Bank bisa menjadi partner yang baik, tapi juga bisa menjadi ular beracun yang mematok teman - teman apabila teman - teman salah melangkah dalam berhubungan bisnis dengan sebuah bank. Saya akan menjelaskan lebih intense mengenai paragraf ini nantinya.

Nah seperti yang sudah saya mention sebelumnya di paragraf diatas, semoga dengan adanya informasi yang nantinya akan saya sharing di blog ini, teman - teman bisa meminimalisasi resiko tertipu oleh orang - orang seperti itu. Dan juga, teman - teman bisa meminimalisasi komplainan - komplainan yang terkadang juga tidak terlalu penting terhadap bank teman - teman nantinya. Hahaha...


____________________________________________



.Konsep Penyajian

Saya mengerti bahwa kenyataannya jika kita berbicara mengenai hal - hal yang berbau financial pastinya akan cenderung membosankan. Karenanya.... kedepannya saya akan menyajikan informasi - informasi tersebut sesederhana mungkin pada teman - teman. Jadi teman - teman bisa langsung catch up dengan inti informasi yang saya sharing.

____________________________________________


.Nama Blog & Tagline
Lalu mengenai mengapa nama blognya harus "RockinBanker" dengan tagline "money is not everything, but almost everything needs money"?

Itu...tidaklah terlalu penting. Hahaha.. Karena pada awalnya saya bingung harus kasih judul apa blog ini. Dan dari sekian nama aneh - aneh yang sudah saya konsepkan, tampaknya "RockinBanker" cukup gampang di ingat dan mewakilkan cara penyampaian saya yang cenderung serampangan, agak senonoh dan kurang sopan (bahkan customer - customer saya berkata seperti itu.. hahaha..)

Dilain sisi, pemilihan nama dan tagline itu dikarenakan saya suka musik dan berprinsip bahwa uang itu penting, karena apa - apa perlu pakai uang saat ini. Tapi intinya uang itu bukanlah segalanya, karena masih ada berbagai macam hal lain yang tidak kalah menarik untuk dikejar selain uang, seperti; kebahagiaan, kesehatan, dan lain sebagainya.

____________________________________________


.Closure

Mengenai informasi yang tersedia di blog ini, saya mengambilnya dari berbagai macam sumber. Dan sebisa mungkin, saya akan sajikan juga link informasi terhadap informasi yang saya sajikan apabila memang tersedia di Internet. Saya akui juga informasi yang tersedia masihlah bersifat beginner to medium class. Tapi saya percaya, informasi itu bisa cukup berguna apabila teman - teman menyerapnya dengan baik.

Akhir kata sayapun menyadari bahwa pengetahuan saya masihlah minim dan terbatas. Correct me if i'm wrong guys! hehehe.. Saya terbuka terhadap kritik. Dan menurut hemat saya, semoga blog ini bisa bermanfaat sebagaimana daripada tujuan pembuatannya itu sendiri. Have a rockin' moment with RockinBanker guys! \m/

Cordially Yours,

-Erixon Sihite

No comments:

Post a Comment