USD/IDR


.Apa itu SBI a.k.a Suku Bunga Acuan?


SBI a. ka. Suku Bunga Bank Indonesia a.k.a suku bunga central bank Indonesia.

BI (Bank Indonesia) ialah bank sentral negara kita. Kalau bank sentral amerika itu bisa disebut Federal Reserve a.k.a Fed, kalau di eropa ada European Central Bank, dsb dsb.. Pada intinya, setiap negara pastilah mempunyai central bank.

.Fungsi Sentral Bank
Isitlah dummies untuk kegunaan sentral bank itu banyak, mulai dari ; memaintain surat utang negara, penerbitan surat berharga, menjaga suku bunga dasar bank suatu negara, memanage devisa negara, mempertahankan kurs mata uang suatu negara, membail out, correspondence bank saat transfer antar negara, dsb.. pokoknya banyak deh. Eik bisa pingsan kalau ngebahas satu - satu. Di post berikutnya yang lebih extended sajalah ya.. heuheuheu.. ^.^"

.Balik lagi ke SBI
Sebelumnya kan saya sudah bicara soal bagaimana bunga tabungan di tentukan. Nah kali ini kita bicara sedikit mengenai suku bunga dasar di negara kita, atau biasa disebut orang - orang sebagai SBI.
SBI ini sendiri akan menentukan tingkat suku bunga deposito, obligasi retail, corporate bonds, KPR (kredit pemilikian rumah), KTA (kredit tanpa agunan), KKB (kredit kendaraan bermotor, KPA (kredit pemilikan rumah), KPRmultiguna (refinancing) dan segala efek yang berbasiskan hutang (kredit).j

Belum lagi, SBI ini juga akan menentukan kualitas pertumbuhan suatu negara; dimana biasa diukur dari tingkat GDP (gross domestic product), inflasi - deflasi, kurs mata uang, kebijakan - kebijakan yang akan dikeluarkan, tingkat uang yang dicetak, dannnn masiihhh banyak lagi.. fiuhhh...

SBI sendiri pada saat post ini dibuat berada pada kisaran 6, 75 %. :)

SBI sendiri tidak boleh kerendahan, tidak boleh juga ketinggian. Untuk tau maksud saya dan bagaimana penerapan SBI ini terhadap produk kredit perbankan membaca posting : .Bagaimana cara menghitung bunga KPR/KRK & KTA?

Kira - kira begitulah overview singkatnya teman - teman. ROCK ON! :)\m/

1 comment: