USD/IDR


Darimana Bank Mendapatkan Pendapatan?


Teman - teman pasti terkadang bertanya. Teman - teman nabung duit di bank, kemudian duitnya itu beranak lagi jadi duit dari bunga bank. Bank itu dapat untung darimana yah?Sedangkan seperti yang saya bilang sebelumnya di post perkenelan bahwa bank itu kan sebuah bisnis. Namanya bisnis ya harus ada hitung - hitungan lah. Kalau ga gimana bisa cuan (untung) ? Gimana bisa bisnis berjalan? Gimana bisa gaji karyawan? Gimana saya sendiri bisa makan? Gimana saya bisa bayar tagihan - tagihan? dan ujung - ujungnya gimana saya bisa nyabul? heuheuheu... ^^v

Nah...untuk menjawab hal tersebut, berikut saya jelaskan bagaimana bank bisa dapat untung. :))

Penghasilan bank didapat dari :

1. Pendapatan berbasis Jasa a.k.a Fee Based Income

2. Pendapatan berbasis Bunga a.k.a Interest Based Income

__________________________________

.Intinya
1. Pendapatan berbasis Jasa a.k.a Fee Based Income, didapat dari:

  • Pengiriman Uang
    Contoh : Lo transfer dari bca ke mandiri. Atau lo kirim duit ke luar negeri. Nah lo bayar biaya transfernya ke bank sob.

  • Penitipan Barang Berharga
    Contoh : Pernah nonton film - film hollywood dimana ada garong ngerampok bank dan ngambil permata di dalam laci - laci besi. Nah itu dia namanya safe deposit box. Safe deposit box itu isinya macam - macam, ada duit, permata, perhiasaan, surat - surat berharga, dsb. Tapi yey jangan ngarep maling dari situlah, pengamanannya itu bagaikan tulisan stiker motor. WARNING : MAU MALING, LENGKAHI DULU MOTION SENSOR, CCTV, BESI BAJA ANTI BOR, LASER, dsb...dsb.. :))
    Nah, safe deposit ini dikenakan biaya sewa, jaminan, dsb... dari situ bank bisa dapat pendapatan.

  • Pemberian Jaminan Dari Bank
    Contoh : Letter of Credit (LC). Bahasa begonya, misalkan lo beli gitar atau roll kain gelondongan gitu dari luar negeri. Tapi lo ga yakin apa client lo di luar negeri sana bakalan beneran kirim atau engga barangnya. Begitupun client lo berpikir apakah lo beneran bakal bayar atau engga begitu barang dikirim (apalagi indonesia, negara gerombolan carding sob..kurang terpercaya...hahaha). Nah bank bertindak sebagai mediator lewat LC ini. Lo deposit uang jaminan gitulah kasarannya. Dimana ketika barang sudah tiba di pelabuhan atau tangan lo ( atau sesuai term & condition LC-nya) bank kemudian akan transfer uangnya ke client lo. Bingung? nanti kita bahas lebih lanjut yak. :)

    Nah, dari penerbitan LC tersebut, nasabah tentunya harus bayar upeti ke bank lah. Dari situ bank dapat pendapatan lagi.

  • Penjualan Surat berharga
    Contoh : Corporate bonds, ORI, dsb.. nah kalau ini nanti ada posting khusus yah.. panjang soalnya. :))
    Intinya bank dapat doku dari sini. :D

2. Pendapatan berbasis Bunga a.k.a Interest Based Income, didapat dari selisih antar bunga yang diterima dan dibayarkan.

Contoh : Bank membuka fasilitas seperti tabungan atau giro. Dari dana yang diserap dari masyarakat ke produk tersebut, bank mengucurkan kembali dana yang tersedia lewat produk - produk perbankan seperti : KTA, KPR, Kredit Modal Kerja, Kartu kredit, dll. :)

Hitungan bego untuk cari untungnya.....
Bank buka produk tabungan masa depan dengan bunga premium 5 %. Kemudian bank menyalurkannya dalam KPR yang berbunga 9%. Nah bank dapat untung kan dari selisih bunga tersebut. Belum lagi dapat pemasukan dari provisi, biaya admin, dll.


.Sedikit Catatan

Ada sedikit catatan perbedaan antar bank asing dengan bank lokal di Indonesia. Di Indonesia, bank asing lebih fokus mencari pendapatan lewat penjualan produk investasi (fee based income). Sedangkan di bank lokal, mereka lebih fokus mencari pendapatan lewat penjualan produk liabilities semacam tabungan & kredit (interest based income).
Itu jugalah yang menyebabkan jika nasabah ingin berinvestasi lebih memilih bank asing. Karena pilihan produk investasinya banyak. Sedangkan jika ingin melakukan transaksi kredit lebih memilih produk bank lokal karena bunga yang ditawarkan cenderung jauh lebih attractive. :)

1 comment: