USD/IDR


Salah 1 Trick Pengusaha Memaksimalkan Fasilitas Rekening Giro. Subtopic : Cheque / Giro book.

Langsung saja yak teman - teman. Berikut ialah Salah Satu Trick Pengusaha Memaksimalkan Fasilitas Rekening Giro. Subtopic : Cheque / Giro book. :)

____________________________________


Pada tanggal 1 september 2011
teman – teman membeli seperangkat alat – alat komputer secara grosir di harco mangga dua, tapi teman – teman baru mau membayarkannya bulan depan. Yaitu pada tanggal 1 October 2011.

Hal ini bisa disebabkan :
1. Rekening Giro teman – teman tersebut tidak ada dananya. Arti kata, teman - teman sementara ini memberikan cheque kosong. "^.^v
2. Teman – teman ingin menggunakan dana yang ada saat ini untuk memutar dana ke usaha/keperluan yang lain
3. Dsb..

Nah teman – teman bisa membayar supplier teman – teman tersebut dengan memberikan selembar cheque yang menyatakan pembayaran baru akan dilakukan pada tanggal 1 October 2011. Inipun biasanya baru berlaku kalau teman – teman sudah mendapatkan kepercayaan penuh dari supplier teman – teman. Ya eyalah.. kan ga lucu kalau ternyata malah barang si supplier teman – teman bawa lari. Kalaupun ga lari, ternyata teman – teman gagal bayar a.k.a macetttttzzzxxxxx ya supplier bisa ngamuklah! Bisa kacau juga perputaran uang si supplier soalnya! Hahahaha

Katakanlah dalam kasus ini, teman – teman baru akan membayar bulan depan karena di rekening giro teman – teman “TIDAK ADA DANA”. Teman – teman kemudian akan melempar kembali alat – alat computer tersebut ke penadah yang baru akan membayar pada tanggal 16 september 2011. Sehingga pada tanggal 16 September 2011 nanti, rekening Giro teman – teman tersebut baru akan terisi dana untuk melakukan pembayaran ke supplier pada tanggal 1 October 2011.



Pada tanggal 1 october nanti, supplier teman – teman akan datang ke bank (biasanya sih suruh kurir dia, doi kan harus jaga toko! hahahaha) dan membawa lembaran cheque tersebut untuk di cairkan secara tarik tunai/clearing di bank.

Hasilnya akan ada 2 :
1. MISSION SUCCED
Jika transaksi berjalan sesuai dengan yang direncanakan, customer happy. BISNIS LANCAR JAYA!

2. MISSION FAILED
Ternyata penadah teman – teman kabur. Dana tidak ada. Akhirnya terjadi cheque kosong yang berujung pada “TOLAKAN CHEQUE”. Supplier anda marah – marah jablay, bank juga akan mencatat transaksi tolakan cheuqe ini, dimana apabila terjadi sampai 3 kali (terhitung di semua bank dan seumur hidup) maka tiada ampun bagi teman – teman, bisa – bisa teman – teman tidak bisa menggunakan fasilitas giro lagi di bank MANAPUN!

Belum lagi dari sisi barang jualan teman – teman, syukur – syukur penadah teman – teman tersebut belum lari bawa barang jualan teman – teman, jadi solusi lainnya teman – teman bisa lempar ke penadah lainnya. Nah kalau sudah dibawa lari???!!! Madirodok madikibe sia situ! Hahahaha =)))


___________________________________


Lesson Learned :

  1. Berhati – hati dalam menggunakan fasilitas Giro.
    Jika kasus ini mengenai dana yang tidak ada di rekening giro. Maka akan ada kasus lain yang bahkan terjadi pada rekening giro yang terdapat dananya. Kasus itu bisa terjadi lewat berbagai faktor, contoh : salah tanggal, tandatangan tidak mirip, lupa stempel, ada coretan, penulisan kurang jelas, nomor rekening salah, cheque expired karena belum dicairkan 6 bulan setelah tanggal cheque itu aktif, dsb dsb..

  2. Jika berbisnis, jangan tergantung pada 1 pipelines jualan, carilah pipelines sebanyak mungkin.

  3. Dalam segala bisnis, selalu saja ada customer bermasalah. Kalau kata pepatah lama; "Mencegah lebih baik daripada mengobati". Berhati - hatilah guys! :D


Semoga sukses usahanya teman – teman! ROCK ON! \m/

No comments:

Post a Comment